RSS

KO PI MANA???

29 Apr

Pagi yang cerah, Pak Dominggus, seorang ketua RT di kompleks Gang Papeda sedang duduk bersantai di teras rumah, membaca koran sambil menikmati kopi buatan istrinya. Tidak berapa lama, Slamet, warga kompleks tersebut berjalan didepan rumah Pak Dominggus.

Slamet : “Selamat Pagi Pak RT…”

Pak Dominggus : “Pagi Slamet…,Ko pi mana??”

Slamet : “Lha itu di atas meja dekat bapak…”

Pak Dominggus : (bingung) “Bah…,pace…,ko pi mana???”

Slamet : (garuk-garuk kepala ikut bingung)

Tiba-tiba muncul istri Pak Dominggus,

Bu Dominggus : “Pace, sa pi ke pasar dulu e…”

Pak Dominggus : “O…iyo…,hati-hati di jalan…”

Slamet pun berkata dalam hati,“Sapi kok ke pasar sih?emang sapi bisa belanja di pasar ya?”

PERHATIAN !!! cerita diatas hanyalah fiktif belaka, jika ada kesamaan nama tokoh,tempat, dan kejadian…,ya itu derita loe…., masalah buat looooeeeehhh…??? #soimah mode on.

Mungkin sahabat blogger bingung seperti Slamet karena tidak mengerti apa maksud Pak Dominggus dan Ibu Dominggus. tapi untuk orang timur (baca: orang yang tinggal di daerah waktu indonesia bagian timur) bakalan ngakak baca cerita diatas. itulah Indonesia…,beragam budaya, bahasa, adat yang membuat Indonesia ini semakin kaya.http://www.smileycodes.info

ehm…ehm…, http://www.smileycodes.info dari cerita diatas, sebenarnya Pak Dominggus bukanlah menanyakan dimana kopi. tapi dia menanyakan Pak Slamet hendak pergi kemana. jadi begini…,

Ko pi mana ? = Kamu mau pergi kemana?

Pace = Bapak

Ko = Kamu

Sa = saya

Sa pi ke pasar dulu e…, = Saya Pergi ke pasar dulu ya…

Nah…sekarang, teman-teman baca kembali cerita diatas…,udah nyambung kan? tapi kok Slamet masih garuk-garuk kepala sih?

Admin : “Slamet, masih bingung?”

Slamet : “Eh…,bukan…,ini bukan bingung,tapi kutuan…” #nyengir.

Admin : “Jiaaaaaaahhhhh…!!!” #mangap lebar. http://www.smileycodes.info

Itulah sebagian logat papua. ada lagi cerita yang setipe dengan cerita diatas.ini dia…,

Slamet dan Tinus sedang makan siang di kantin saat jam istirahat kampus. tiba-tiba HP Tinus berbunyi dan sebelum Tinus mengangkat HPnya, ia berkata pada Slamet,

Tinus : “Slamet, ko makan sudah…!!! sa mo angkat telepon dulu e..”

Slamet : (bingung) kok belum makan udah bilang udah…, #kata Slamet dalam hati.

PERHATIAN !!!
Mohon maaf kapada Slamet yang telah menjadi korban pada cerita ini karena sesungguhnya cerita ini hanyalah fiktif belaka, jika ada yang sama, baik itu nama tokoh, tempat,dan kejadian, ya…,harap maklum,mungkin admin yang saat ini lagi ngupil sedang khilaf
. http://www.smileycodes.info

Sekarang, sahabat bingung lagi ya kayak Slamet? hehehe,http://www.smileycodes.info

Ehm..jadi begini…, maksud dari Tinus adalah, “Slamet, kamu makan dulu ya, saya mau angkat telepon dulu”
. Nah…,sekarang sahabat jadi paham kan cerita diatas? Slamet pun juga udah paham tuh…,http://www.smileycodes.info

Banyak teman saya yang baru datang dari jawa ke Papua heran dengan kata,“makan sudah..”, “mandi sudah…”, lha belum makan udah bilang sudah…,belum mandi udah bilang sudah…,hehehehe padahal maksudnya adalah yang mengatakan itu meminta dia makan/ mandi dulu…,pas kami jelasin, mereka ngakak juga dan mereka malah sering menggunakan kalimat tersebut dalam keseharian mereka.

Ya…apapun itu, Indonesia memang kaya budayanya ya…,kita harus bangga jadi bangsa Indonesia.

Akhir kata,”HIDUP INDONESIA…!!!”http://www.smileycodes.info

 
53 Komentar

Ditulis oleh pada April 29, 2013 in Tau Ga Sih?

 

Tag: , , , , ,

53 responses to “KO PI MANA???

  1. Ika Koentjoro

    April 29, 2013 at 5:04 am

    Oalah, miss understanding to ini ceritanya๐Ÿ˜€

     
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 5:09 am

      hehehe…iya..,karena logat bahasa yang berbeda.

       
  2. Dewi

    April 29, 2013 at 7:16 am

    tidur sudah, makan sudah, mandi sudah, sudah sudah saya capai,,,,๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

     
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 7:20 am

      hahahaha, Bunda…,kok saya ga bisa ke blognya Bunda ya…?ada apa dengan Blog Bunda….?

       
      • Dewi

        April 29, 2013 at 7:22 am

        apah????? tIdAAAAAkkkk,,,,,,๐Ÿ˜†
        kurang tau e,, masak sih?๐Ÿ˜ฅ

         
      • niccaniez

        April 29, 2013 at 8:32 am

        sekarang udah bisa bunda. dari kemarin saya coba mampir ke rumah bunda,tapi ga bisa. katanya ga ada alamat itu. nah,baru sekarang bisa.hehehehe…,iiihhhh…,bunda lebay sangat deh.hahahahaha

         
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 7:21 am

      eh…sekarang udah bisa, Bunda baru ganti nama blog ya?

       
      • Dewi

        April 29, 2013 at 1:48 pm

        gag ganti kok, cuma beda tampilan,, emang di tempate mbak nama blog ku apa e?

         
      • niccaniez

        Mei 1, 2013 at 5:59 am

        alamat blognya bundagawul.wordpress.com tapi ternyata hidupdantakdir.wordpress.com ya,Bun? hehehehe

         
  3. capung2

    April 29, 2013 at 7:24 am

    ohh… orang papua toh.. btw pak slamet jdi keliatan oon ya mb…hehehe

     
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 8:33 am

      hehehehe…,untuk yang bernama Slamet, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena cerita diatas hanyalah fiktif belaka.

       
  4. indarmeliananursin

    April 29, 2013 at 8:23 am

    ahaa sa tau apa yang ko bilang macee๐Ÿ˜€

     
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 8:35 am

      ???? orang dari timur juga kah???

       
      • indarmeliananursin

        April 29, 2013 at 11:09 am

        sulawesi tengah, mirip-miriplah dikit๐Ÿ˜€

         
      • niccaniez

        Mei 1, 2013 at 6:00 am

        Hehehe…pantessss….jadi ngerti deng sa pu logat daerah, mace…,ko mantap!!! tra kosong sekali e…,hahahaha ^_^v

         
      • indarmeliananursin

        Mei 1, 2013 at 11:57 am

        hehehe,, sssttt,, berhubung disini banyakan orang jawa, pake bahasa persatuan aja, bahasa indonesia๐Ÿ˜€

         
  5. pursuingmydreams

    April 29, 2013 at 8:37 am

    Hahahha benturan budaya๐Ÿ˜€. Dulu saya sering tuh dengar “makan sudah..โ€, โ€œmandi sudahโ€ฆโ€ .. harusnya jawab belum ya??? :)).

     
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 8:41 am

      Buka itu jawabannya,mbak…,tapi,”iya, sa makan dulu e,,, su lapar jadi…” untuk kata “makan sudah” dan untuk kata “mandi sudah”, jawabannya,”yo…,sa mandi dulu e.., mana su bau badan su badaki begini jua jadi…” hahahahahahaha

       
      • pursuingmydreams

        Mei 4, 2013 at 5:18 am

        waduuhh sudah ah๐Ÿ˜€.

         
      • Rifai Prairie

        Mei 5, 2013 at 5:02 am

        maaf Mbak istri sa si Nisa ini emang kebangetan. Kalo ngomong sm wong jowo iku pake bahasa indonesia dong..
        *JTAK!!! Jitak kepala nisa…(lalu kaburrr..)

         
      • niccaniez

        Mei 7, 2013 at 9:09 pm

        #lempar higheels 10 cm ke arah Pa’i.

         
  6. tuaffi

    April 29, 2013 at 9:19 am

    wahh ternyata gitu,๐Ÿ™‚ hehehe..
    salam kenal mbak.

     
    • niccaniez

      April 29, 2013 at 9:34 am

      Hai..hai…hai…salam kenal…,^_^v, namaku nissa, nama lengkapku Anissa Budiarti Budi Pekerti Luhur Manis Menawan Hati Harum Sepanjang Hari…, senang berkenalan denganmu.๐Ÿ˜€

       
      • tuaffi

        April 29, 2013 at 9:36 am

        waahh.๐Ÿ™‚ namanya panjang sekali. bagus lagi.๐Ÿ™‚

         
      • niccaniez

        April 29, 2013 at 9:40 am

        Wah…,Tuaffi percaya itu nama panjang saya??? baru Tuaffi orang pertama yang percaya itu nama panjang saya.haghaghaghag.

         
      • tuaffi

        April 29, 2013 at 9:41 am

        ya percaya lah.๐Ÿ˜€ heheh

         
  7. nyonyasepatu

    April 29, 2013 at 3:53 pm

    Huhaha untung aku bs bahasa kupang, jd cerita ini lucuuuuu bgt

     
    • niccaniez

      Mei 1, 2013 at 5:57 am

      Oya??? kalo nyambung sama bahasanya emang jadi lucu. hehehehe

       
  8. ochimkediri

    April 30, 2013 at 1:49 am

    muahahhaaaa louucuuu…

     
    • niccaniez

      Mei 1, 2013 at 5:18 am

      mas…mas…,sadar…sadar….!!! #siram air. ^_^v

       
  9. yisha

    April 30, 2013 at 2:45 am

    hahhaaaaaaaaaa………
    niez emang bisa bikin ketawa! ๐Ÿ˜€

     
    • niccaniez

      Mei 1, 2013 at 5:19 am

      Hehehe…iya nih…,logat bahasa jadi kejadian yang unik.

       
  10. niningsyafitri

    Mei 1, 2013 at 2:22 pm

    Hampir sama dengan logat Baubau.๐Ÿ˜€
    Hehhee…
    Memang ya, anak timur ini… Hehehe…
    SIlahkan baca sedikit…๐Ÿ™‚
    http://ningningocha.wordpress.com/2012/09/19/singkatan-gaul-anak-baubau/

     
    • niccaniez

      Mei 1, 2013 at 4:28 pm

      Hehe..,sgera mnuju TKW eh TKP..,

       
    • niccaniez

      Mei 1, 2013 at 9:38 pm

      HMK kalo saya baru selesai dari TKP.hehehehe

       
  11. tinsyam

    Mei 1, 2013 at 7:24 pm

    sudah makan, makan sudah, apa bedanya coba?

     
    • niccaniez

      Mei 1, 2013 at 8:49 pm

      hehehe, beda pembawaannnya didaerah,jadi maknanya juga jadi beda. hahahahaha

       
  12. rina

    Mei 2, 2013 at 6:15 am

    gubraaak.. bengong dulu saiah baru bisa ketawa…… emang top ya Indonesiaku dengan beragam bahasanya

     
    • niccaniez

      Mei 7, 2013 at 9:27 pm

      Yup,benar banget,Mbak…,^_^v

       
  13. duniaely

    Mei 2, 2013 at 7:21 am

    salah paham nih ceritanya ?๐Ÿ˜›

     
  14. Idah Ceris

    Mei 3, 2013 at 11:04 am

    Hya amppuuuun, bahasnya benar2 berbeda dengan jawa ya, Mba. .
    Kopi and Sapi. .๐Ÿ˜†

     
    • niccaniez

      Mei 7, 2013 at 9:28 pm

      Hehehe…,iya mbak…,^_^v

       
  15. Rifai Prairie

    Mei 5, 2013 at 5:03 am

    sa cinta sudah ma kamu. Eh??? Itu artinya apa coba???
    Hmmm Nisa ko mandi sudah sana… Kamar mandinya sekalian kau isi. Wekekekk :p

     
    • niccaniez

      Mei 7, 2013 at 9:05 pm

      Huuuuussssttttttt….,kuping saya sakit dengar logat aneh dari Pa’i…, -_-“

       
  16. cerpen winterwing

    Mei 5, 2013 at 7:26 am

    itu bahasanya bahasa indonesia disingkat ya?
    sa = saya. mo = mau. pi = pergi. itu logat. kalau bahasa daerah papua lebih beda lagi.

     
    • niccaniez

      Mei 7, 2013 at 8:57 pm

      Iya,kalo dilihat juga seperti itu, banyak disingkat-singkat,hehehehe, trus penggunaan kata-kata tersebut juga cepat diucapkan,jadi kalo kita asing dengar logat tersebut,malah jadi ga ngerti. hehehehe

       
  17. cerpen winterwing

    Mei 5, 2013 at 7:26 am

    winterwing sudah update. cerita terbarunya rahasia wika

     
    • niccaniez

      Mei 7, 2013 at 8:55 pm

      Ok, udah dari TKP, tapi masih penasaran dengan cerita Revina…,hehehehe
      makasih ya…,^_^

       
  18. Kartika

    Mei 7, 2013 at 3:59 am

    oooo… manggut2.. “Hihi

     
    • niccaniez

      Mei 7, 2013 at 8:53 pm

      hehehehe,Bundaaaaa…kangennnnn….^_^v

       
  19. Info MULTITEKNIK

    Mei 27, 2013 at 10:27 am

    Nimbrung akh Bolehkan,..? Salam kenal saja untuk semuanya

     
    • niccaniez

      Mei 28, 2013 at 12:21 am

      Boleh…boleh…,nie ada segelas salam hangat dan cemilan persahabatan. silahkan dicicipi…,^_^v

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ulama Sunnah

Kumpulan Biografi, Artikel dan Fatwa Ulama Ahlussunnah

muslimwing

catatan muslim dari winterwing

CAHAYA WAHYU

MENERANGI SELURUH ALAM RAYA

Resep Minuman

Aneka resep minuman hangat, minuman dingin dan resep es krim

just a little inspiration

just another colour of my life

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

ENGLISH LECTURING FILES

The simple examples of English literature

Blog Budak Bogor (BBB)

Daftar Harga Hp | Facebook trick | tutorial WordPress |Blogging | SEO | Make Money Online | Hosting | Domain |

%d blogger menyukai ini: